Review Film Life: Film Luar Angkasa Menakutkan Tanpa Karakter

review film life

Pergi ke luar angkasa atau hidup menjadi astronot di satu sisi menyenangkan namun di dunia film, hal ini bisa menjadi amat berbeda ceritanya. Entah itu mengalami masalah selama perjalanan atau justru malah menghadapi makhluk yang mengerikan. Bagian terakhir ini sudah sering diangkat ke beberapa film dan salah satunya adalah Life. FIlmnya sendiri mengusung karya garapan Ridley Scott, Alien yang menjadi inspirasi ceritanya. Dibintangi Jake Gyllenhaal, Rebecca Ferguson dan Ryan Reynolds, apakah Life bisa menyajikan kengerian layaknya Alien yang menjadi inspirasinya?

Menyeramkan dengan manusia yang cukup takut saja

review film life

Sejujurnya, film ini dibuka dengan alur yang cukup nikmat dengan beberapa karakternya yang diperkenalkan dengan rapih. Adanya harapan dan kebahagiaan yang nampak diperlihatkan sebelum kemudian sesuatu hal yang mengancam. Paruh awalnya terasa mengalir dengan enak, namun sayangnya bagian tertebak inilah yang sayangnya menjadi bagian lemah dalam plot Life. Bagaimana tidak, maksud hati memberikan unsur ngeri namun karena sudah bisa diketahui bahwa plotnya demikian sehingga daya menakutnya malah tidak terlalu terlihat. Bahkan kalau boleh dibilang, Life selamat hanya oleh bagian akhirnya yang mendebarkan, dan tentunya menggemaskan penonton yang menyaksikannya. Sayangnya hanya demikian yang ditawarkan oleh Life. Padahal akan sangat menarik jika karakternya lebih humanis lagi dalam memperlihatkan kengerian dari ceritanya. Untung saja Calvin yang menjadi makhluk mengerikannya bisa membuat momen yang membuat bulu kuduk merinding.

Baca Juga:  Review Film Wonder Woman: Film Perdana yang Solid dan Memikat

Bisa dibilang cast nya memang bermain lepas dan sayangnya saking lepasnya tidak ada peran yang memorable. Rebecca Ferguson yang menjadi heroine filmnta tampil amat biasa dan tipikal. Lebih ke karakter panik dan kemudian berani tapi tanggung eksekusinya. Tidak diduga justru Jake Gyllenhaal yang juga tampil dengan akting datar dari awal sampai akhr. Adik aktris Maggie Gyllenhaal ini malah tidak lepas memainkan perannya dan wajah batunya itu tidak menolong sama sekali. Sebagai comic relief, Ryan Reynolds juga bermain layaknya tipikal peran-peran yang pernah ia mainkan sebelumnya. Humoris dan juga pemecah suasana banyak omong yang sayangnya dia sudah melakukannya juga di Deadpool. Jadi  bisa dikatakan sebenarnya ketiga pemeran utamanya memang tidak memiliki karakter sama sekali.

Baca Juga:  Lihat Aksi Kocak Ryan Reynolds dan Samuel L. Jackson di Trailer The Hitman’s Bodyguard

review film life

Seperti yang sudah diutarakan di atas, Life memang agak terasa biasa dan mungkin Daniel Espinosa juga seperti sulit dalam mengarahkan filmnya ini. Memang betul daya kejutan dan keseraman di luar angkasa berhasil dihadirkan namun sutradara asal Swedia ini malah kesulitan menghidupkan karakter yang ada di filmnya yang tidak terlalu memorable.  Meskipun kekurangannya sangat terlihat, namun bukan berarti Life tidak memiliki kelebihan. Dari segi spesial efek dan setting luar angkasanya amat meyakinkan apalagi dengan spesial efek yang tidak kalah bagusnya. Apalagi  Poin lebih lainnya justru bisa disematkan di scoring music oleh Jon Ekstrand. Komposer langganan Espinosa ini berhasil memberikan nyawa lebih yang membuat Life kuat dalam unsur kengeriannya. Apalagi di momen ketika Calvin menyerang awak stasiun luar angkasa itu, Ekstrand justru berhasil membuat musik pengiring dengan daya kejut yang maksimal.

Baca Juga:  Beginilah Reaksi Ryan Reynolds Tentang Pemeran Cable di Deadpool 2

Konklusi

review film life

Overall, Life merupakan salah satu film bertemakan luar angkasa biasa  sebenarnya bisa lebih baik lagi. Meskipun menghibur dan menakutkan, sayangnya aktor dan aktrisnya justru tampil biasa saja sehingga membuat filmnya tidak lebih hanya untuk menakutkan penonton saja dan tidak ada hal lain yang ditawarkan. Akan tetapi filmnya tentu tidak boleh dilewatkan untuk tonton apalagi bagi pecinta thriller luar angkasa.