Review Film Moon Cake Story: Kisah Inspiratif Yang Membumi

review film moon cake story

Film-film Indonesia yang memberikan inspirasi sudah banyak sekali menghiasi beberapa tahun belakangan ini. Mengedepankan pesan moral dan membangun tekad, film terbaru yang membahasnya adalah Moon Cake Story. Adalah Garin Nugroho yang menggarap film yang dibintangi Bunga Citra Lestari dan Morgan Oey. Apakah sutradara yang sebelumnya menggarap Soegija ini mampu membuat filmnya inspiratif?

Kisah dari Moon Cake Story sendiri merupakan kisah dua orang yang memiliki kisah dan sejarah serupa. Mereka adalah Asih (Bunga Citra Lestari) dan David (Morgan Oey) yang memiliki latar belakang karakter yang sama namun berada dalam derajat juga kasta yang berbeda. Pertemuan mereka seakan menjadi takdir dan keduanya kemudian menjadi dekat dan saling mengetahui masa lalu mereka. Apalagi ternyata wanita yang memiliki satu anak itu juga suka membuat kue yang juga menjadi bagian hidup pria itu. Namun permasalahan kesenjangan sosial dan juga penyakit yang diderita David menjadi konflik yang kemudian mewarnai film berdurasi 94 menit ini.

Baca Juga:  Review Film Saban's Power Rangers: Penuh Nostalgia Memikat Dengan Kemasan Segar

Kisah Yang Menginspirasi Namun Memiliki Kelemahan Fatal

review film moon cake story

Seperti yang disebutkan di atas, Moon Cake Story merupakan film yang memang ditujukan untuk menginspirasi. Dalam beberapa hal dan juga ceritanya, bisa dibilang lumayan berhasil. Apalagi potret kelas hidup yang timpang ini juga tampak natural. Kita bisa melihat lagi potret kehidupan Jakarta yang semrawut dan keras di mana adegan joki 3-in-1 nya lumayan bagus mengawali filmnya.Berbagai karakter yang ada di Moon Cake Story memiliki cerita tersendiri dan poin plusnya. Hanya saja, film ini terasa terlalu meloncat-loncat adegan yang membuat eksplorasi karakter dan ceritanya jadi kurang berhasil. Belum lagi 15 menit akhir filmnya terasa amat merusak karena product placement yang sangat dipaksakan sekali. Bisa dibilang agak menghancurkan potensi ceritanya dan malah tidak ada titik klimaks sama sekali. Padahal dengan tema sakit alzheimer yang diusung juga bisa menjadi bagian penting tapi filmnya seakan tidak memberikan harapan apapun sama sekali.

Baca Juga:  Review Film Life: Film Luar Angkasa Menakutkan Tanpa Karakter

Dari jajaran pemainnya, Morgan Oey dan Bunga Citra Lestari lumayan membuat chemistry yang bagus. Khususnya bagi Morgan di mana di sini dia memang berusaha memberikan aktingnya yang maksimal namun justru di beberapa emosinya masih terasa kurang menjiwai. Bunga  sendiri tampil cukup meyakinkan sebagai seorang ibu yang tegar dalam menjalani hidupnya yang cukup sulit. Apalagi aktris yang juga penyanyi ini tidak terlihat cantik di filmnya juga harus menghadapi anak laki-lakinya yang selalu melawannya. Patut dipuji adalah Deddy Soetomo yang bisa menjadi seorang supir dari David, Tri yang menjadi jembatan kisah bijaksana dari Moon Cake  Story.

review film moon cake story

Agak aneh memang melihat Garin Nugroho membuat film seperti ini. Seakan mendobrak kebiasaannya, di sini dia menggarap film yang memberikan kesan perjuangan hidup yang dikemas dengan cara pesan moral. Memang Garin masih mempertahankan nilai artistik pun penyelaman karakternya. Tapi ia justru terperangkap dengan skema penceritaannya sehingga beberapa hal kurang berhasil disampaikan dengan baik. Untuk yang menyukai keartistikan Garin, potret hidup Jakarta ditangkap dengan warna yang kontras namun bagus sekali. Beberapa bagian musiknya ada yang terasa kurang pas sayangnya, padahal bisa jadi kekuatan lainnya dari Moon Cake Story.

Konklusi

review film moon cake story

Overall, Moon Cake Story merupakan film dengan kisah pesan moral yang sayangnya dieksekusi dengan kurang cantik di bagian akhir. Sayang sekali memang, padahal film ini memiliki potensi lebih apalagi ditangani oleh seorang maestro sutradara kenamaan di Indonesia.  Namun bagi penyuka film Garin Nugroho, karyanya ini tetap layak ditonton apalagi bagi penonton yang membutuhkan inspirasi dalam hidupnya.